Kebo-Keboan Alasmalang

Tradisi Kebo-Keboan adalah tradisi yang diselenggarakan sebagai simbol permohonan pada Tuhan agar tanah masyarakat subur dan hpanen berlangsung sukses. Tradisi seperti di Banyuwangi diselenggarakan oleh dua desa yakni Desa Alasmalang di Kecamatan Singojuruh dan Desa Aliyan di Kecamatan Rogojampi. Kedua desa ini tentunya memiliki ciri khas tersendiri namun pada intinya adalah sama-sama simbil permohonan agar hasil bumi melimpah dan mensyukuri hasil bumi yang sudah ada.
Hari ini, tepat tanggal 01 Oktober 2017 diselenggarakan tradisi Kebo-keboan Alasmalang Kecamatan Singojuruh. Pada tradisi ini, sejumlah petani di desa tersebut kerasukan roh leluhur dan bertingkah layaknya kebo (kerbau). Kebo ini melakukan pun ritual layaknya hewan kerbau dalam proses bercocok tanam. Mulai dari membajak sawah, mengairi, hingga kerbau ini menemani petani saat menabur benih padi (Banyuwangikab, 2016).

Berikut beberapa dokumentasi yang berhasil dirangkum oleh Kang Nur (Anggota Kopiwangi Bidang Seni Buaya) yang menyempatkan hadiri acara tersebut:











Daftar Pustaka: Banyuwangikab. 2016. online https://www.banyuwangikab.go.id/berita-daerah/pekan-ini-tradisi-kebo-keboan-alasmalang-banyuwangi-digelar.html





Previous
Next Post »
0 Komentar