Banyuwangi "the Sunrise of Java"

Banyuwangi merupakan kabupaten yang terletak di ujung timur Pulau Jawa. Kondisi geografis inilah yang menyebabkan Banyuwangi menjadi tempat pertama kali di Pulau Jawa yang disinggahi matahari saat pagi. Sehingga Kabupaten Banyuwangi dijuluki sebagai "the Sunrise of Java".
Meski letaknya berada di ujung paling timur, Banyuwangi kini menjadi pusat perekonomian baru di wilayah Pulau Jawa Bagian Timur, terbukti dengan adanya Bandara Blimbingsari dan Pelabuhan Tanjung Wangi yang merupakan gerbang perekonomian di Banyuwangi.
Letaknya yang berdekatan dengan Pulau Bali menjadikan Banyuwangi adalah tempat silang budaya antara kebudayaan Jawa dengan Bali, sehingga di Banyuwangi lahir kebudayaan baru yang sama sekali berbeda dengan kebudayaan Jawa ataupun Bali.
Banyuwangi juga menyimpan kekayaan alam yang luar bisa yang tidak dimiliki daerah lain di Indonesia. Dalam satu Kabupaten terdapat tiga Taman Nasional yaitu Taman Nasional Alas Purwo, Baluran, dan Meru Betiri. Selain itu, terdapat lokasi wisata kelas Internasional diantara Kawah Ijen, Pelengkung, dan Sukomade.
Saat ini Banyuwangi menerapkan konsep ecotourism untuk mengnalkan dan mempromosikan kekayaan alam wisata Banyuwangi dengan tetap menjaga kelestarian lingkungan. Sehingga, Banyuwangi sangat pantas menjadi tujuan investasi dan berwisata.
First
0 Komentar